Aplikasi Instagram; Sejarah dan Sepak Terjangnya Hingga Kini

Siapa tidak kenal dengan Instagram? Beberapa tahun belakangan, Aplikasi yang kini berada dibawah naungan Facebook ini banyak digunakan oleh pegiat sosial media. Bahkan, Instagram menduduki salah satu sosial media dengan unduhan paling banyak selain Youtube dan Twitter.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger ini memiliki keunggulan fitur yang tidak dimiliki oleh sosial media lain, seperti fitur Instagram Stories.

Nah, sebagai pengguna Aplikasi Instagram, kamu pasti penasaran dong dengan kisah bagaimana Instagram mulai muncul hingga akhirnya dipinang oleh Facebook? Yuk baca ulasannya disini.

Sejarah Aplikasi Instagram

Bagi pengguna baru aplikasi ini, atau yang baru menggunakannya belakangan, pasti menyangka bahwa Instagram diciptakan oleh Facebook, bukan begitu?

Namun nyatanya, Instagram tidak lahir begitu saja dari rahim Facebook. Faktanya, Instagram pertama kali berdiri dibawah naungan Burbn Inc, sebuah start up yang dibangun oleh Kevin Systroam dan Mike Krieger.

Burbn juga merupakan nama awal Aplikasi Instagram dengan konsep sebuah aplikasi untuk keperluan berbagi foto dan video yang ketika diperkenalkan pertama kali dianggap membawa terlalu banyak fitur.

Kevin Systroam dan Mike Krieger kemudian ingin agar cikal bakal aplikasi Instagram ini menjadi sebuah aplikasi dengan fitur yang sederhana yaitu untuk berbagi foto dan video dengan adanya tombol like dan juga komentar. Disinilah muncul tombol love yang merupakan cikal bakal Instagram.

Aplikasi Instagram pada awal dirilis yaitu pada tanggal 06 Oktober 2010 hanya dirilis untuk iOS loh. Ketika sudah mulai banyak pengunduh dan sudah mendapatkan satu juta pengguna, Aplikasi Instagram akhirnya dirilis untuk Android pada tanggal 03 April 2012.

Perkembangan Instagram; Akuisisi Oleh Facebook

Sudah sedikit disinggung diatas bahwa Instagram di bangun oleh dua orang Kevin Systroam dan Mike Krieger dengan nama Burbn. Setelah sukses mendapatkan banyak pengguna di iOS dan dirilis di Android, aplikasi ini kemudian di lirik oleh raksasa sosial media yaitu Mark Zuckerberg, sang pendiri Facebook.

Proses akuisisi ini dimulai pada tanggal 09 April 2012 tepat 6 hari setelah aplikasi versi android dirilis. Akuisisi Instagram oleh Facebook ini tidak main main, karena Mark Zuckerberg menghabiskan dana sekitar 1 milliar dollar Amerika setelah negosiasi yang memakan waktu hingga 2 hari.

Setelah diakuisisi oleh Facebook dan saham Aplikasi Instagram resmi dilepas kepada Facebook, baik Kevin Systroam dan Mike Krieger tetap menjadi pengelola instagram secara independen.

Hingga akhirnya, setelah 6 tahun bertahan mengelola Instagram, Kevin Systroam dan Mike Krieger memilih hengkang dari Instagram tanpa mengungkapkan alasan sebenarnya.

Fitur Utama Aplikasi Instagram

Pada awal kemunculannyam aplikasi ini memang benar benar hanya digunakan untuk membagikan foto dan video di beranda. Namun saat ini, aplikasi ini memilik ifitur canggih yang semakin membuat betah penggunanya loh.

Salah satu fitur yang ramai digunakan saat in yaitu Instagram Stories, fitur ini membuat pengguna bisa berbagi video menarik selama 15 detik tentang keseharian pengguna, juga terdapat fitur explore yang bertujuan untuk menampilkan konten yang sesuai dengan pencarian dan kesukaan penggunanya. Fitur Explore ini pertama kali dikenalkan pada bulan juni di tahun 2012.

Fitur lain yang tak kalah keren yaitu Live, dimana pengguna bisa melakukan live dengan durasi 1 jam penuh dan juga bisa mengundang pengguna lain untuk melakukan live bareng.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, kita bisa melihat banyak pengguna yang memanfaatkan fitur Live di Aplikasi Instagram untuk melakukan webinar atau seminar secara online loh!

Pada fitur Live, pengguna juga dapat membuat sesi tanya jawab atau dikenal denagn fitur QnA untuk dapat menampilkan pertanyaan dari penonton siaran langsung tersebut.

Fitur selanjutnya yaitu IGTV, dimana dengan fitur ini pengguna bisa membagikan video dengan durasi lebih dari 1 menit dengan maksimal video 10 menit. Fitur ini banyak dimanfaatkan oleh konten kreator untuk menambah impresi pada akun mereka.

Total Pengguna Instagram

Melihat keberhasilan Instagram dalam menghadirkan fitur yang bervariatif dan membuat nyaman pengguna membuat Instagram memiliki pengguna yang cukup banyak dan aktif.

Ketika di akuisisi oleh Facebook, pengguna yang terdaftar di aplikasi ini sekitar 30 juta. Namun, dari beberapa sumber yang ada, pengguna Instagram pada pertengahan tahun 2018 memiliki pengguna lebih dari satu milliar di seluruh dunia.

Pencapaian yang sangat luar biasa dari sebuah aplikasi yang hanya menampilkan foto, video, foto, video dan begitu seterusnya.

Total pengguna instagram yang menakjubkan ini juga tidak lepas dari adanya fitur yang mumpuni dan disenangi banyak pengguna bukan?

Kelebihan Instagram dari Sosial Media Lain

Saat ini, di banyak belahan dunia lain Instagram merupakan sosial media yang menjadi wadah untuk mencapa sebuah popularitas di dunia maya.

Banyak pengguna yang secara sengaja mencari follower untuk kemudian menggunakan akunnya untuk mencari rejeki melalui jalur endorsement atau memanfaatkan akun instagram sebagai Toko Online yang menyimpan banyak katalog produk mereka.

Bahkan, tidak cukup sampai disitu, dengan adanya Aplikasi Instagram, banyak juga penjual jasa untuk menaikkan followe instagram hingga bebagai tips dan trik mengenai Cara Menambah Follower Instagram.

Cara Download Instagram Versi Terbaru

Instagram dalam upayanya untuk tetap eksis menjadi platform sosial media selalu mengupayakan berbagai inovasi dengan melakukan update berkala.

Untuk itu, sebagai pengguna kita perlu juga melakukan update dengan cara mendownload update terbari dari Aplikasi ini melalui Google Play Store ataupun App Store.

Untuk pengguna android, cukup buka aplikasi Play Store lalu ketikkan di pencarian kata Instagram, lalu tekan install untuk melakukan instalasi aplikasi ini di Smartphone kalian.

Untuk pengguna iPhone juga sama, masuk ke menu App Store, dan lakukan instalasi pada aplikasi ini.

Jika ingin melakukan pemasangan aplikasi instagram pada android secara manual, bisa melakukan langkat beriku ini.

Pertama, download file APK dari Instagram yang nantinya akan tersimpan di folder download pada handphone kalian.

Kedua, ketika akan melakukan installasi, aktifkan izin untuk melakukan instalasi aplikasi dari pihak ketika diluar Google Play Store dengan masuk ke menu Pengaturan > Setelan Tambahan > Privasi > Sumber Tidak Dikenal > geser tombol untuk melakukan aktivasi penginstalam aplikasi.

Ketiga, jika dua langkat diatas sudah dilakukan, selanjutnya tekan aplikasi yang sudah di download dan lanjutkan proses instalasi agar aplikasi bisa terpasang dengan benar di smartphone.

Keempat, setelah berhasil melakukan instalasi, lanjutkan dengan login menggunakan akun instagram yang sudah ada, atau bisa juga dengan melakukan pendaftaran akun instagram baru.

Nah, inilah sedikit ulasan mengenai sejarah bagaimana dan darimana munculnya aplikasi Instagram. Dengan demikian, buat kalian yang sedang mencari informasi ini semoga bisa mengerti dan memahami bahwa instagram bukan lahir dari embrio Facebook, namun dikembangan olehnya.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman kamu untuk memberikan informasi yang bermanfaaat ya.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *